..sedikit berbagi ilmu..

ketika ilmu begitu bermanfaat

KP di Migas yuuuk!

Eits… Sapa Bilang Kerja Praktek di

Perusahaan Migas Itu Susah??

Kerja Praktek atau yang biasa kita sebut sebagai Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib kita ambil sebagai persyaratan kelengkapan kurikulum. Kerja Praktek dimaksudkan untuk menjembatani ilmu pengetahuan di kampus dengan keadaan sebenarnya di lapangan. Idealnya, sebagai mahasiswa kita pasti memilih tempat untuk KP berupa perusahaan-perusahaan terkenal bahkan yang berskala internasional dan yang pastinya lagi sebagai mahasiswa kita pasti mencari perusahaan yang bisa memfasilitasi semua akomodasi yang diperlukan selama kita melaksanakan KP tentunya. Yah namanya juga mahasiswa, kantong pasti cekak dong, apalagi anak kost hehe..

Beberapa tahun terakhir ini, yang masuk daftar the most wanted company sebagai tempat tujuan KP adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas (migas). Disamping karena prestige tersendiri, perusahaan migas biasanya lebih royal untuk memberikan akomodasi dibandingkan perusahaan lain. Dan yang pasti lagi kita bisa menjalin hubungan dengan pihak perusahaan sehingga diharapkan peluang kita nantinya bekerja di perusahaan tersebut semakin besar.. hopefully sih…

Beberapa perusahaan tersebut adalah perusahaan KPS seperti Total E&P Indonesie, Chevron, Pertamina, Santos, Vico, British Petroleum, Premier Oil, CNOOC serta perusahaan konstruksi migas, inspeksi dan galangan seperti McDermott, Saipem, Germanischer Lloyd, Gunanusa, PAN United, BJ Tubular, dan lain-lain. Yang paling banyak diburu adalah perusahaan KPS karena fasilitas yang ditawarkan lebih menggiurkan untuk kita sebagai mahasiswa. Untuk Total E&P misalnya, perusahaan akan menyediakan tiket pulang-pergi dari tempat asal ke tempat tujuan misalnya Surabaya-Balikpapan atau Jakarta-Balikpapan, belum lagi di Balikpapan kita akan diberi akomodasi sementara (sebelum dapat kost) selama 5 hari di Hotel Berbintang lengkap dengan makan dan laundry serta transportasi antar jemput dari hotel ke kantor, dan adanya uang saku tentunya setiap bulannya yang ditransfer langsung masuk ke rekening kita (jumlahnya cukuplah buat biaya hidup sederhana selama sebulan di Balikpapan). Tapi kalo kita ditempatkan di lapangan/field (bukan di kota Balikpapan) maka kita akan mendapatkan fasilitas mess lengkap dengan semua akomodasi makan dan laundry serta transportasi sehingga bisa dipastikan uang saku kta akan utuh hehehe..

Bagaimana? Menggiurkan bukan..?? Tapi apakan semudah itu untuk dapat diterima KP di perusahaan migas? Ehm… tidak juga. Tapi bukan berarti gampang, cukup rumit juga deh hehehe bingung kan?

Pertama yang harus disiapkan adalah nilai di kampus. Pastikan minimal IPK sementara sewaktu mendaftar adalah 3, jika kurang dari 3 seperti susah untuk bersaing. Setelah itu atur jadwal kapan mau mulai KP. Proposal pengajuan KP minimal sudah harus masuk 3 bulan sebelum hari H pelaksanaan KP. Jauh-jauh hari semakin lebih baik, karena yang mengajukan KP tidak hanya kita. Banyak mahasiswa dari seluruh Indonesia yang mengajukan KP di perusahaan migas, sebut saja teman-teman dari ITS, ITB, UI, UGM dan lain-lain.

Pastikan proposal benar-benar telah diterima oleh pihak perusahaan dalam hal ini bagian HRD dan pastikan pula di department mana yang mau kamu masuki untuk KP. Jadi pihak HRD tidak bingung lagi mau nempatin kamu di departemen mana pada perusahaan tersebut. Dengan kata lain, kita sedikit membantu pekerjaan HRD. Jika kita tidak menjelaskan departemen mana yang mau kita masukin, maka HRD akan menawarkan proposal kita kepada semua department di perusahaannya secara satu persatu, dan pasti bakal lebih lama bukan?

Dan yang paling penting, selalu pantau perkembangan proses pengajuan proposal kamu. Jangan bosan untuk sering bertanya kepada HRD sudah sampai mana proses seleksinya baik via email maupun telpon. Ingat, mereka tidak hanya mengurusi mahasiswa yang mau KP saja, masih banyak program training maupun recruitment pegawai yang mereka (HRD) kerjakan. Jadi intinya, pantau terus alur proses proposal setelah diterima perusahaan. Eitss.. satu lagi yang paling penting. Jangan lupa kekuatan doa dan minta restu dari orang tua.

Gimana? Sudah optimis kah untuk bisa diterima Kerja Praktek di perusahaan migas? Pesan saya, meskipun kita gagal bukan berarti itu akhir dari segalanya. Cobalah peruntungan di perusahaan lain. Saran-saran diatas bukan hal yang mutlak. Semua tetap kembali pada keputusan Yang Di Atas. Intinya jangan pernah menyerah dan terus mencoba meskipun kita gagal. Never give up until we die hehehe…


Sukses untuk kita semua!

December 27, 2008 - Posted by | Dongeng Kerja Praktek | , , ,

16 Comments »

  1. pingin kp di migas juga,,,,,,,,,,,,,,,,tapi binguuuuuuuuuuuuuuung,,,,co cwit pengalaman kp nya,,,,,

    Comment by titih | February 8, 2009 | Reply

    • Hei.. Knp harus binun-binun? hehe..
      Just apply and see aja.. Kan gratis apply-nya hehe..
      Nothing to lose aja deh..
      Dterima nasib, dtolak ya jgn sedih hehe..
      Thx.

      Comment by vladvamphire | February 9, 2009 | Reply

  2. mohon bantuanya mas
    alamat/email yang bisa di hubungi apabila ingin kerja praktek di ToTAL
    apa saja pernyaratan yang harus di penuhi

    terima kasih mas

    Comment by indah hermansyah | February 8, 2009 | Reply

    • Plis contact via private email for this case.
      Thx.

      Comment by vladvamphire | February 9, 2009 | Reply

      • mas, minta contactnya juga donk…saya mau kape tahun depan, pengennya disini juga.thanx

        Comment by irawati | November 19, 2010

  3. Ass..

    Hallo mas lam kenal,,
    sebelumnya slamt dah kterima di pipeline cmpny nigeria
    nama saya agie dari (marine engineering) 06′ ITS.
    saya ingin menayakan perihal mengenai persyaratan apa saja yang dibutuhkan KP in oil company??
    biasanya proposal diserahkan maksimal berapa bulan sebelum kp, apakah harus wajib in english??
    saya berencana KP di BP migas,,

    trims atas perhatiannya…

    Comment by agie | March 28, 2009 | Reply

  4. mas,,,,mhon bantuannya untuk informasi buat kerja praktek di total????
    trima ksih

    Comment by yulfi | April 8, 2009 | Reply

  5. Udah ke migas aj, hahaha.. Pilih total, Paling2 dikirim ke laut . Di npu atau cpu, he.. Tp asik fren

    Comment by b4db0y | April 14, 2009 | Reply

  6. mas saya mau bertanya dan belajar secara lengkap bagaimana caranya untuk mengurus KP dan proses2nya.. maklum saya masi kuliah smester 4 dan semester 6 nanti saya harus KP..

    Comment by moli | April 24, 2009 | Reply

  7. assalamu’alaikum

    mas saya arif FTK_OE07
    mulai majuin proposal tu pas semester berapa?? saya masih semester 4, apakah sudah harus disiapkan pembuatan proposalnya??? thanks mas,, we always proud of you…

    Comment by arifmp | May 13, 2009 | Reply

  8. dear Arif..
    Utk ambil KP atau utk ngajukan proposal ada syarat minimum SKS tempuh kalo gak salah 90sks yah..
    kalo mau dpersiapkan dr sekarang proposalnya ya gpp.. Usahakan pengjuan utk wktu libur kuliah dan min 3 bln sbelum hari H.. Tp kayaknya 6bln deh coz lg pada rame yg apply hehe..
    Makasih ya udah support sy. Thx.

    Comment by vladvamphire | May 14, 2009 | Reply

  9. mas. lam kenal.

    q pengin nanya nich masalah persyaratan apa aja yang kira2 perlu and must be di lampirin. yang di jelasin di atas kan sekedar gambaran umumnya saja…

    q masih smester 4 sich tapi kan must be prepare it before KP. oya mas tolong ya beri pencerahan masalah teknis bagaimana ngirim proposal dan yang lainnya yang brkaitan dengan mengurus Proposal KP.

    jawabnya via email ja y. email q fajar_92@yahoo.com

    Comment by fajar | May 20, 2009 | Reply

  10. Mas sy gst fisika teknik ugm 07, mau minta alamat email atau nomer yang bisa dihubungin tentang kp di total, oya kp nya berapa bulan y mas, bales ke email sy di muharama@gmail.com
    Terimakasih mas..
    Blog nya sgt membantu dn menginspirasi
    Lanjutkan!

    Comment by Gusti | July 7, 2009 | Reply

  11. mas.. salam kenal..

    saya winny dari TF ITB
    berencana akan KP di total semester depan
    mas, bisa beritahu tentang prosedur bagaimana KP di total?
    dan orang yg dapat dihubungi untuk kp disana?
    balas saja ke email saya
    winnyadya@yahoo.co.id
    terima kasih

    Comment by winny | August 15, 2009 | Reply

  12. mas mau nanya kalo persyaratan buat KP di total apa aja??
    kalo ada info buat KP di pertamina tolong kasih tau y mas seperti orang yang bisa dihubunginya
    blsnya ke email j
    makasih

    Comment by GITA | January 27, 2011 | Reply

    • KP biasa aja syaratnya.. masukin proposal ksana, surat pengantar dr kampus dan transkrip nilai.. selanjutnya DOA… semoga sukse! maaf telat reply nya…

      Comment by vladvamphire | March 3, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: