..sedikit berbagi ilmu..

ketika ilmu begitu bermanfaat

Pengalaman Pertama Kerja Praktek

Tahun 2006 merupakan pengalaman pertama buat saya dalam melaksanakan Kerja Praktek. Dan di tahun ini pula saya diterima KP di 2 perusahaan berskala internasional di Indonesia. Disini, saya akan berbagi sedikit pengalaman dalam menyelesaikan KP saya di tahun 2006 yaitu pertama pada bulan Juli-Agustus 2006 di perusahaan minyak milik Prancis, Total E&P Indonesie dan bulan Agustus-September 2006 di perusahaan biro klasisfikasi milik Jerman, Germanischer Lloyd Nusantara (saya akan menceritakan di episode selanjutnya).

Begitu mendapat kabar telah diterima KP di Total, segera saya persiapkan semua perlengkapan perang. Berupa pakaian, buku tentunya dan uang secukupnya. Waktu itu saya mendapat jadwal berangkat dari Jakarta sedangkan posisi saya di Surabaya, sebagai informasi saya kuliah di salah satu perguruan terbaik di Indonesia yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada Jurusan Teknik Kelautan atau bahasa kerennya adalah Offshore Engineering. Jurusan saya berhubungan dengan bagaimana mendesain, membangun dan menginstalasi struktur bangunan laut seperti bangunan pengeboran minyak lepas pantai (offshore platform) baik yang terpancang (fix structure) atau yang terapung (floating structure), struktur perpipaan untuk mengalirkan hasil pengeboran di laut sampai ke darat (pipeline) dan untuk memprosessnya (process piping), serta ilmu-ilmu lain yang berkaitan dengan struktur pengeboran lepas pantai. Dan harus diperhatikan dan dicatat, Jurusan kita adalah yang terbaik di bidangnya di Indonesia.

From Surabaya to Balikpapan with love. My private headline untuk memotivasi diri sendiri. Kadang sifat narsis sangat diperlukan untuk membangun spirit dan semangat perjuangan. Perjalanan pertama saya tempuh dari Surabaya ke Jakarta menggunalan sepur. Sampai di Jakarta langsung ke Plaza Kuningan menghadap ke kantor Total untuk briefing dan ambil tiket pesawat ke Jakarta. Ups.. ternyata bukan hanya saya lho tapi ada sekitar 9 orang (kalo ga 10 org) yang diterima oleh Total, rata-rata dari ITS, ITB, UI dan UGM yang telah disaring dari lebih 90 orang (katanya sih).

Besoknya langsung saya meluncur dari Jakarta ke Balikpapan dengan menggunakan jasa pesawat terbang Garuda Indonesia (bukan promosi lho ini). Sesampainya di Balikpapan, jangan khawatir buat kamu yang belum pernah ke sana sebelumnya, Total sudah meminta pihak Hotel untuk menjemput di Bandara Sepinggan Balikpapan. Waktu itu jam sudah menunjukkan pukul 9 malam, saya dari bandara saya langsung menuju ke hotel yang telah disediakan. Hotel Pacific, adalah hotel yang telah bekerja sama dengan Total untuk menampung mahasiswa KP, magang ataupun yang masuk dalam proses rekrukmen perusahaan.

Sebagai informasi, kita mendapat jatah hotel lengkap dengan akomodasi, laundry dan transportasi hanya selama 5 hari sebelum kita mendapatkan tempat tinggal (kost) selanjutnya. Untuk akomodasi makan, kita mendapatkan jatah makan di hotel sebesar Rp.150.000 per hari. Jika lebih dari itu, maka kelebihan harus kita bayar sendiri hehe.. Dan untuk saya, jatah efektif tinggal 4 hari karena hari pertma sudah saya ambil meskipun saya check in jam 9 malam. Jadi, kalau bisa datang pagi saja ke Balikpapan jadi bisa jalan-jalan sebentar sambil menunggu waktu check in jam 12 siang.

Keesokan harinya, saya menuju ke kantor Total yang terletak di daerah kekuasaan Pertmina tepatnya di Jalan Minyak. Setalah bertemu dengan pihak HR, saya langsung diantarkan ke departemen di mana saya akan melakukan KP, yaitu DKE/CST/OPS/OFF atau sekarang berubah menjadi ENG/CST/OFF. Disitu saya bertemu dengan mentor (pembimbing) yang ditunjuk oleh perusahaan selama saya KP. Beliau yang akan bertanggung jawab dan memberi program KP kepada saya selama disana. Namanya masih tetap saya ingat, Bapak Agus Supriyanto, kebetulan beliau juga alumni dari ITS entah berapa tahun yang lalu. Praktis hari pertama hanya ada perkenalan dan basa-basi sampai basi hehe..

Besoknya lagi (hari ketiga di Hotel) saya langsung check out dari hotel. Lho bukannya masih ada jatah hotel 2 hari lagi. Yup, betul. Dari Perusahaan ternyata menempatkan saya langsung ke lapangan jadi hari itu juga saya harus meluncur ke lapangan. Terus bagaimana dengan sisa jatah hotel selama 2 hari itu? Tenang saja, jatah 2 hari itu tetap saya dapat dan akan saya ambil lagi pada hari terakhir saya KP. Karena nantinya juga saya akan kembali ke kota Balikpapan dan mengerjakan serta ujian KP disini, sehingga saya pasti membutuhkan tempat tinggal lagi. Daripada kost cm 2 hari kan mending men-switch jatah hotel kita kan hehehe..

Tujuan pertama saya adalah daerah Handil, Itu adalah nama salah satu lapangan milik Total. Perjalanan dari Balikpapan ke Handil ditempuh selama 2 jam dengan menggunakan bus milik Total. Tapi kalau kita sudah jadi pegawai disana kita bisa memilih naik Copper (sejenis helicopter), hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Handil Base terletak di pinggiran delta sungai mahakan. Sebagai informasi, sebagian besar lapangan produksi minyak milik Total ada di daerah delta sungai mahakam. Jangan terkecoh dengan sebutan sungai. Meskipun sungai tapi kedalaman airnya lumayan dan alur lalu lintasnya ramai seperti jalan raya.Hanya saja bukan mobil yang lewat melainkan kapal-kapal seperti, speedboat, perahu nelayan sampai LCT, tongkang, tugboat dan berbagai macam kapal lainnya.

Sesampainya di Handil Base ternyata perjalanan belum selesai. Saya tidak ditempatkan di mess Handil tetapi di CPU. CPU terletak di dalam delta sungai mahakan. Jadi saya harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat milik perusahaan yang bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Uhh bisa dibayangkan kan betapa letihnya badan ini. Sepanjang perjalan tidak ada yang lebih indah selain tidur saja. Mau lihat pemandangan? Ya paling-paling hanya melihat kapal-kapal berkeliaran, sungai mahakan yang kotor dan cokelat pekat dan jika beruntung kita bisa melihat buaya hehe.. Ada tempelan di speedboat yang membuat saya geli, “Jangan turun ke air, Buaya menunggu anda” hehe.. itu saking banyaknya buaya di delta sungai Mahakan ini.

Sampai di CPU jangan pernah khawatir dengan fasilitas disini. Meskipun berada di tengah delta sungai, tapi kita akan mendapatkan fasilitas kamar tidur dengan kamar mandi dalam (kalau masih ada), jatah makan dengan system prasmanan pagi, siang dan malam, coffe break dan fasilitas lain seperti masjid, fitmess centre dan lapangan olahraga. Mau tau gak enaknya? Kita tidak bisa kemana-mana dan tidak ada toko atau warung disini hehe..

Tinggal di CPU hanya beberapa hari, sekedar mereview data pekerjaan dan bertanya-tanya. Selainnya program utama saya adalah melihat langsung pekerjaan di lapangan. Untuk itu saya tidak bisa berlama-lama di mess. Sekarang saya harus benar-benar ke lapangan.

Live at Crane Barge

Selanjutnya saya dikirim ke Crane Barge.Crane Barge adalah sebuah barge/tongkang lengkap dengan fasilitas akomodasinya yang dilengkapai dengan sebuah crane untuk melaksanakan pekerjaan di lapangan. Meskipin bentuknya seperti kapal (ya memang kapal hehe) semua fasilitas lengkap. Layaknya seperti hotel deh. Sebagian besar pelaksanaan KP saya adalah di atas Crane Barge. Banyak pekerjaan yang saya pelajari mulai dari dredging, lifting, protection pile removal, dan installation pin connector. Jika rasa jenuh dating, biasanya jika ada awak kapal yang melakukan perjalanan ke darat, maka kita diajak ikut serta. Ke darat maksudnya ke Handil Base. Nah kalo ke Handil kita bisa menemukan perkampungan dan toko serta warung buat nongkrong tepatnya di luar camp Total hehe..

cb

Gambar Crane Barge Sederhana

(bersambung….)


December 27, 2008 - Posted by | Dongeng Kerja Praktek | , , , , , , ,

38 Comments »

  1. mohon bantuannya
    alamat yang dapat saya hubungi apabila ingin melaksanakan kerja praktek di total…
    dan apa sajakah persyaratannya…
    terima kasih

    Comment by indah hermansyah | February 8, 2009 | Reply

    • Plis contact via private email for this case.
      Thx

      Comment by vladvamphire | February 9, 2009 | Reply

  2. Mas, seru denger cerita KP nya mas. .
    Oya mas, saya mau email mas, tentang syarat2 KP di Total, mohon dibalas ya mas. .

    Saya mohon bantuannya mas. As soon as possible.

    Salam.

    Comment by arfan | February 13, 2009 | Reply

    • OK email aja.. Ditunggu yah..
      Thx.

      Comment by vladvamphire | February 14, 2009 | Reply

  3. salam kenal….saya dapat di bagian Instalasi gas saat KP di Total nnti….kira2 apa yang harus dipersiapkan?terima ksh…

    Comment by winata | March 10, 2009 | Reply

  4. Mas, jujur pengen banget KP di sana. .
    saya mohon bantuan untuk minta syarat dan prasyarat untuk KP di TOTAL,,bisakah?
    oiya, denger2 laporannya harus pake bahasa Inggris y?

    Saya mohon balasannya y mas. As soon as possible.

    Salam.

    Comment by Hidayat | March 18, 2009 | Reply

  5. mas,,,sy pngen banget untuk kerja praktek d total,,,tpa saya ga tau harus ngirimnya kemna?,,,syarat2nya apa aj?

    mohon bantuannya ya mas
    terima kasih

    Comment by yulfiani fikri | April 6, 2009 | Reply

  6. SalUt deH bwt Masx… sYa z asli putra daeraH kagak sNggup untuk bs KP di TOTAL, pdaHal Ortu pEnsiunan dr sNa… (Maklum oTak TumpuL) He..he.. tp asik jg dGr cerita mas bs KP di Total E&P, Sungguh cM org2 piLihan z yg bs mSuk tu prusHaan, oya sKg aku krja di PT.KRS sKg lg jlan proyek MOL dr TOTAL E&P Handil – senipah. salam kenal y Boz….

    Comment by Andre | April 18, 2009 | Reply

    • Ok, salam kenal balik..
      Hehe jgn merendah gitu dong bro..
      Hanya org2 terbaik juga yg bisa masuk PT.KRS kan?
      Klo bkn kita yg bangga sm diri sendiri, sapa lagi?
      Semangat!!

      Comment by vladvamphire | April 18, 2009 | Reply

  7. Salam kenal Mas…..,
    Hmm…. Menarik merasakan pengalaman Mas KP di Total…mohon bantuannya mengenai persyatratan pengajuan proposal KP, alamat pengajuan, dan kontak person nya Mas ?

    Saya ngebet mw KP di sana …,
    Mohon bantuannya Mas ^-^
    terima kasih

    Comment by handoyo_eko | June 12, 2009 | Reply

    • Please contact me private.
      Thx.

      Comment by vladvamphire | June 15, 2009 | Reply

  8. Aku tertarik untuk KP di Total.. Prosedurnya gmn yah? Alamat pengajuan proposal? Mohon infonya yah Mas.. Thanks.

    Comment by nita | August 4, 2009 | Reply

  9. mas..
    saya mahasiswi Teknik Elektro tingkat 3 ingin KP di Total,kira2 persyaratannya ap ja??
    Lalu pengiriman proposalnya berapa bln sebelum pengajuan KP??
    kira2 untuk jurusan Teknik Elektro tema yang mau diangkat ap yah klo melihat keadaan di sana??
    terima kasih atas perhatiannya..

    Comment by arey | September 3, 2009 | Reply

  10. mas,,, bagus pengalamannya…. bagi2 kiatnya donk mas supaya bs kp di TOTAL… krmnya kmn dan syaratnya apa aja mas???
    tlg kasiih tau via e-mail ya mas,,, e-mail saya nhia_pterophyta@yahoo.com

    Comment by nia | September 10, 2009 | Reply

  11. salam knal mz,..
    saya mahasiswa teknik perminyakan tgkt 3,pengen coba mngajuin KP d TOTAL…. saya mau tanya
    -persyaratan KP d TOTAL apa saja?
    -Seleksi KP d TOTAL secara test lisan atau dengan pengajuan proposal?….klo dgn pengajuan prorposal,alamat HRD dan contact person yg bsa d hubungi mz??
    -aspek pemboran, produksi, dan reservoar yg didapat pada saat KP gmn mz,maklum sya msh hijau ttg pndgan kerja prktek d lapangan…
    mohon bantuannya y mz,….trima kasih

    best regards,

    Comment by le2'x | November 14, 2009 | Reply

  12. mas, saya mahasiswi Teknik Industri tingkat 3, pgn banget punya kesempatan KP di Total.
    kira2 butuh apa aja ya mas? persyaratannya?
    thx bgt mas

    email saya : nadia_suciadi@yahoo.com

    thx for sharing the experience

    Comment by Nadia | December 12, 2009 | Reply

  13. mas, saya mahasiswi Teknik Industri tingkat 3, pgn banget punya kesempatan KP di Total.
    kira2 butuh apa aja ya mas? persyaratannya?
    thx bgt mas

    email saya : nadia_suciadi@yahoo.com

    thx lagi mas

    Comment by Nadia | December 12, 2009 | Reply

  14. mohon contact person yang bisa saya hubungi apabila ingin KP seperti yang mas lakukan. Kirim ke alamat email saya ya mas..terima kasih.

    Comment by adi | December 24, 2009 | Reply

  15. Salam kenal vlad..😀
    Aku berencana KP tahun ini di Total E&P.
    Minta tolong bgt sharing syarat2 utk KP di Total..hehe
    Apa yg KP disana kebanyakan pd punya link ya?
    Oia..adakah kontak person KP di total yg bisa dihubungi?kemana ya harus ngirim surat permohonan dll nya?
    Thx bgt ya bantuannya.Tolong diemail.

    Comment by Indri | January 17, 2010 | Reply

  16. Wah…bener2 experience yg mantap boss….

    Comment by Malik Hizbullah | March 25, 2010 | Reply

  17. mas saya mahasiswa jurusan teknik komputer dan jaringan. saya bisa ga ya KP di total?
    persyratan yang diajuin apa aja ya?
    k’lo d total memang dpt penempatan KP d luar jakarta apa bisa di jakarta juga?

    makasi y.

    Comment by fenty | April 23, 2010 | Reply

    • penempatan KP tergantung kebutuhan bisa di Jkt atau di balikpapan.
      Coba aja apply.

      Comment by vladvamphire | May 19, 2010 | Reply

  18. mas, hebat deh bisa kp disana??? emmm ipk nya pasti diatas 3,5 yah??? soalnya ada tawaran ke jurusan saya, oseanografi tapi syaratnya itu…waduh waduh… oia, ga mudah ya bisa kp disana????

    waktu itu, masnya kirim via pos apa email??? kalo punya, mau donk alamat email hrd, atau alamat nya, kalo aku punyanya alamat yang di balikpapan sama jakarta.. boleh juga donk, kalo punya,, syarat2nya gimana. via email… boleh???
    makasih banyak

    Comment by Sheni | April 26, 2010 | Reply

    • iPk cukupan saja kok..
      Maaf sudah tidak bisa bantu utk pengurusan KP di Total sudah beda orgnya dan saya tidak tau lagi.
      Waktu itu sudah sempat menanyakan tp tidak ada balasan dr mereka.
      Utk pengajuan proposal via email saja cukup kok.

      Comment by vladvamphire | May 19, 2010 | Reply

  19. slm knal saya faisal dari ITS jur T. Elektro. saya ingin tanya alamat email dan nomer hp HRD PT. Total Indonesie .karena saya ingin menanyakan kelanjutan pengajuan proposal kerja praktek yang telah saya kirimkan ke PT Total Indonesie yang di jakarta. tlong di blz.

    Email saya : faisal_85@elect-eng.its.ac.id atau jacky_lho@yahoo.co.id

    thx

    Comment by faisal | April 28, 2010 | Reply

  20. slm kenal nama saya faisal .saya jur. teknik Elektro Its . saya maw tanya tentang contac person HRD yg urusin kp di PT. Total. 2 bln yg lalu saya sudah kirim proposal KP ke PT. Total E&P Indonesie yg di jakarta tapi sampai skrg tak da balasan .saya ingin menanyakan ke pihak total, tapi saya gtw hrus menghubungi siapa. tlg dikirim contac person dan emailnya ke email saya: faisal_85@elect-eng.its.ac.id

    Comment by faisal | May 6, 2010 | Reply

  21. Kiro2 total butuh helper ga yo???

    Comment by Ndruwo | June 4, 2010 | Reply

  22. salam kenal mas
    saya lulusan elektro,its juga mas
    tulisanya mantap
    tapi bagus lagi kalau ceritain juga tentang galangan2 di sana mas agar terbuka wawasan karena ternyata banyak kapal2 crewboat alluminium da fiberglass,tugboat,maupun lct,crane barge,acomodation barge bahkan floating platform yang digunakan adalah produk galangan disana di design dan di bangun di sana

    Comment by fatuh rakhman | July 8, 2010 | Reply

  23. terima kasih mas, sudah menyempatkan waktunya mengisi Kuliah Tamu di jurusan Teknik Kelautan ITS,sekalian buka puasa bersama..ho2..

    mas, saya juga pengen KP di TOTAL balikpapan itu. kalo boleh tau dulu waktu KP di Total departemen apa?
    departemen ENG/CST/OFF itu apa y mas? hehe…

    Comment by Fahmi | September 1, 2010 | Reply

    • Saya KP di ENG/CST/OFF, kalo ga salah itu departement Engineering/Construction/Offshore, tp kayaknya sudah ganti nama deh.. Kemudian saya TA di ENG/PRO, Engineering/Process.

      Tp yang pas harusnya ENG/CST itu, ada banyak anak FTK disana kok..

      Comment by vladvamphire | September 1, 2010 | Reply

      • oh,gtu ya mas.. ak coba apply dsana.. wish me luck.. hehe…

        Comment by Fahmi | September 1, 2010

  24. Ka, boleh minta linknya untuk KP disana?saya dari jurusan teknik industri menurut kaka apa cukup recomended memilih kp di total?terimakasih..

    Comment by mylifeasatu | March 24, 2011 | Reply

    • link apa nih?

      Comment by vladvamphire | March 29, 2011 | Reply

  25. Mas, ane boleh minta format proposal KP nya ga? mendesak banget ni mau KP bulan agustus,, tolong kirim ya ke email ichlas.yahdi@yahoo.com
    thx b4..

    Comment by Yahdi | May 9, 2011 | Reply

  26. Mas,boleh minta format proposal dan alamat email perusahaannya ga? ane pengen nyoba dibagian perminyakan juga, kebetulan ane juga kemaren pernah KP di GL batam sebagai Surveyor kapal tapinya..ane dari teknik perkapalan Undip,tolong kirim ke email ya ichlas.yahdi@yahoo.com

    Comment by yahdi | May 9, 2011 | Reply

  27. mas bisa kirim syarat2 kp di total…
    aku pgen bgt mas mau kp di sna…please kirim yah..andijehan@yahoo.com
    mau nanya lagii mas..klw kp di total laporanya pake bahasa inggris atau bahasa indonesia mas???mohon pencerahannya..

    Comment by andi | June 26, 2011 | Reply

  28. mas,saya ricky anak siskal..
    mau tanya ni mas,kalo siskal KP itu di ENG/PRO aja bs g?
    trus syarat KPnya apa aja mas?
    Tolong kirim ke email saya y mas(rickyrandallsembiring@gmail.com)

    salam FTK

    Comment by Ricky | February 11, 2012 | Reply

  29. mas, saya rizal anak fisika teknik UGM
    saya pengen banget mas KP di total tahun 2012 ini
    bisa minta format proposalnya tdk mas?
    kalau mas mengizinkan kirim ke email ku yah rizalf97@yahoo.co.id
    makasih mas:)

    Comment by rizal | July 9, 2012 | Reply


Leave a Reply

