..sedikit berbagi ilmu..

ketika ilmu begitu bermanfaat

Yuhuuu.. 2009 Bebas Fiskal..

Tahun 2009, masyarakat Indonesia yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akan dikenakan kenaikan biaya fiskal ke luar negeri. Untuk mendorong respon warga terhadap pentingnya NPWP, pemerintah melalui Dirjen Pajak menetapkan bebas fiskal bagi para pemilik NPWP.

Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution menegaskan para Wajib Pajak (WP) yang ingin ke luar negeri dengan bebas fiskal, harus mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jauh-jauh hari, atau paling lambat satu bulan sebelum berangkat.

“Jangan besok mau ke luar negeri baru urus NPWP, ribet nanti di lapangan terbang. Sehingga kita atur sebulan sebelumnyalah,” kata Darmin di Jakarta.

Wajib pajak harus memiliki NPWP setidaknya satu bulan sebelum berangkat ke luar negeri. Misalnya, kata Darmin, jika wajib pajak hendak ke luar negeri tanggal 1 Januari 2009 dengan bebas fiskal, berarti NPWP-nya harus sudah diurus pada tanggal 1 Desember 2008.

Peraturan pembebasan fiskal tersebut akan dicantumkan di dalam sebuah Peraturan Pemerintah (PP) yang saat ini tengah dibahas pemerintah. Namun, Darmin mengaku, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui kapan keputusan PP tersebut akan dikeluarkan. “PP-nya kan belum diteken,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah juga berencana akan menaikkan tarif fiskal ke luar negeri bagi warga berusia 21 tahun yang tidak memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) mulai Januari 2009. Rencananya, tahun 2010 mendatang kebijakan tersebut akan diberlakukan untuk seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali bagi mereka yang belum terdaftar sebagai wajib pajak.

Darmin mengakui adanya besaran kenaikan tarif fiskal tersebut. Namun, sayangnya dia enggan untuk mengatakannya secara pasti. “Tidak, saya belum mau jawab. Nanti kalau di saat terakhir dia berubah, susah saya,” tutur Darmin.

Sumber: KOMPAS

December 27, 2008 - Posted by | News | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: