..sedikit berbagi ilmu..

ketika ilmu begitu bermanfaat

Update: Port Hacourt, Nigeria

Ups..  maaf kalo postingan ini gak ada hubungannya sm pipeline hehe.. tp banyak yg minta update ttg Nigeria.. berikut saya berikan garis besarnya saja yah.. Perusahaan saya bekerja lokasinya di Nigeria tepatnya di kota Port Hacourt (PH), sekitar 1 jam perjalanan dengan pesawat dari ibu kota lama, Lagos. Keadaan PH hampir sama seperti kota-kota lainnya di Nigeria, dan mungkin sama seperti di Papua hehe panas bro..

PH adalah daerah di selatan Nigeria yang penduduknya mayoritas kristen, sehingga mencari sebuah masjid disini sangat susah sekali. Hal yang berbeda dengan Nigeria bagian utara, yang katanya lebih di dominasi oleh penduduk muslim. Keadaan keamanan di PH mungkin hampir sama dengan di Aceh, dimana disini bertebaran militan-militan yang sangat meresahkan. Militan ini awalnya terbentuk sebagai bentuk protes terhadap pemerintah Nigeria karena ketidakadilan distribusi bagi hasil pembangunan akan sumber daya minyak dan gas bumi. Maklum, PH adalah pusatnya minyak dan gas di Nigeria, tapi keadaannya jauh memprihatinkan.

PHSuasana Pagi Hari di Perempatan PH

….

Tapi semakin lama, tindakan militan ini semakin tidak terarah, bahkan sangat sulit sekali membedakan mana yang militan dan mana yang penjahat. Mereka bahkan tidak segan-segan membunuh untuk mendapatkan keinginannya. Seperti kasus yang saya dan teman-teman expat lainnya alami disini sekitar seminggu yang lalu.

Minggu lalu, tepatnya hari minggu malam jam 7.30 malam (belum terlalu larut), ketika saya selasai sholat isya’ dan mau rebahan, tiba-tiba terdengar suara tembakan dari luar hotel. Awalnya saya pikir suara tembakan di tivi karena kebetulan saya lagi nonton film action. Dan saya pikir lagi mungkin pak polisi sedang mengejar penjahat atau apalah.. Tapi suara itu kayaknya bukan dari lokasi yang jauh, tapi di lokasi hotel..!

Wow, baru kalo ini saya mendengar suara tembakan AK45 beneran hehe.. maklum gak pernah ikut perang wakakakakak.. terus saya turun ke arah lobi (kebetulan kamar saya di lantai 2). Waktu saya mengintip ke lobi perasaan saya gak enak, dan saya melihat ada 2 pegawai hotel dari arah belakang membawa pisau koki yang segede gaban (emang bisa lawan peluru?) hehe dan mereka menyarankan saya untuk masuk kamar dana saya langsung ke kamar teman saya (expat dari UK). Dan kami pun diam di dalam kamar. Listrik hotel kemudian mati.

Sekitar 45 menit, keadaan kembali hening. Lalu saya dan teman saya menuju lobi untuk menanyakan apa yang terjadi. Hehe pihak hotel bilangnya, no problem.. Emang kita anak kecil apa? Tapi karena gak ingin berdebat, kita balik ke kamar masing-masing dan tidur nyenyak.

Paginya, pas breakfast baru deh ketahuan apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata oh ternyata, semalam hotel kami diserang oleh sekelompok militan yang kemudian menewaskan 1 orang sekuriti dan menculik salah seorang teman kami (expat dari Scotland).. wuihhh… kebetulan saat itu dia lagi di bar hotel, minum dan liat pertandingan bola kalo gak salah MU atau Chelsea deh yang main.. Untung aja kita yang lainnya gak ikutan hehe..

kaca depanGambar Bekas Tembakan di Kaca Depan Sebuah Mobil

..

kaca sampingGambar Bekas Tembakan di Kaca Samping Sebuah Mobil

..

Dan mulai hari itu, kita semua pindah ke hotel lain.. dan alhamdulillah dpt hotel yang lebih Ok.. hehe thanks to the militans wakakakaka.. Dan setalah 1 minggu kita mendapat kabar bahwa militan (baca:penculik) meminta tebusan sebesar 100 juta Naira (150 naira=1 usd), lalu turun menjadi 50 juta dan terakhir ‘hanya’ minta 1 juta Naira. Dan sampai sekarang belum ada kabarnya lagi.

Dan beberapa hari lalu juga, tersiar kabar bahawa militan (benar apa ga saya tidak tau persis), menyerang beberapa boat milik oil company di sini (please cek di BBC news).. Meskipun menurut sebagian orang disini sangat berbahaya tapi saya pikir biasa aja hehe nasib kita udah ada yang atur bung, santai aja.. Pasrah ke Allah aja hehe.. Dan untuk orang asia sperti kita ‘relatif’ lebih aman, karena targetnya biasa orang-orang Eropa.. So, kalo kerja disini jangan deket-deket sama orang bule hehehe.. Jaga jarak!

Mungkin itu dulu sekilas oleh-oleh dari negeri antah berantah ini. Maaf lama banget gak ngasih update soale baru dapat akses internet dan lelet lagi wakakakakak..

Makasih atas supportnya selama ini.

Semangat!

 

April 18, 2009 - Posted by | News | ,

13 Comments »

  1. merinding gw membaca ceritamu, Vlad.

    Comment by albert | April 19, 2009 | Reply

  2. Wuih…kok suangar gt Vlad,
    klo plng titip oleh2 “militan” ye..di situ kan banyak..he2

    Comment by noble | April 19, 2009 | Reply

  3. kl d nigeria sering2 ja maen k kedutaan…..
    bnyak lo org Indonesia yg d sana kakak saya dsana jg hampir tiap minggu kumpul d kedutaan……

    Comment by WAHYU KURNIAWAN | April 20, 2009 | Reply

    • Keduataan Indo adanya di lagos.. sedangkan gw di port harcourt.. jauh bgt..
      Jd gak mungkin bisa main2 hehe..

      Comment by vladvamphire | April 20, 2009 | Reply

  4. Assalamualaikum mas,,,, hati2 yah,hehehe
    gmana suasana disana mas?

    Comment by Syamsul | April 21, 2009 | Reply

  5. serem, mas vlad, nitip kaca mobilnya mas
    he,…he,…he,….
    update trus ye, lumayan sedikit bisa ngilangin kesuntukan
    ditempat kerjaan

    Comment by sutar | April 24, 2009 | Reply

  6. mantap bro…
    beli senjata aja buat melindungin diri. legal gak ?

    sharing2 pengalamannya ya plus tips2nya gmn kerja di daerah konflik kayak di situ.

    sy jg kepengen ngerasain… wkwkwk…

    Comment by androsan | April 24, 2009 | Reply

  7. amir pladimir, ternyata blogmu lumayan ada isinya jg tho? kkkkk… eh mbaca ceritamu jd inget pilem2 hotel rwanda, sometimes in april, blood diamond, constant gardener, dsb, yg mskp beda negara tp kayaknya punya ketegangan yg sama. ada baiknya nama vladimir disingkat or disembunyiin aja dulu kali ye. tar dikira org rusia, jd target jg tuh. tp seru jg ya mir, as long as you don’t get hit or kidnapped. jgn sampe deh! tar pemerintah kita susah ngurusnya. kasus ma malaysia yg tetangga deket aja ribet, apalagi yg di afrika sono. jauh boO’.. hehehehe.. balikpapan masih jauh lebih nyaman tho? :p. pa kabar btw?

    Comment by ghee^moetz | April 25, 2009 | Reply

  8. walah2,,ati2 lho mas,,klo gk deket2 ma expat bule…ntar temenya syapa dung…? ataw banyak jg yg dari asia ya…?

    Comment by Fahmi | May 14, 2009 | Reply

  9. wah2 ms…seru+tegang
    yang baca ja takut palagi yang disana
    ohya mas maksh aq copy informasi di blog mas…
    ud ijin lho…berarti ndak dibilang maling kan….
    sukses lha buat mas…

    Comment by EliCha | May 17, 2009 | Reply

  10. hi..serem juga ya..
    betah2 ya maas..
    kapan balik Indonesia..??

    Comment by yannie | July 28, 2009 | Reply

    • hehe nanya2 balik ke indo, emang mau djemput yah?
      hehehe…

      Comment by vladvamphire | August 5, 2009 | Reply

  11. wah sangar vlad, jadi militan cepet kaya nggak ? kalo cepet kaya enak jadi militan aja vlad.he3…

    gimana kabarnya man ?

    Comment by eko | December 30, 2009 | Reply


Leave a Reply

