Above Water Tie-In

Salah satu analisa yang bisa dilakukan oleh OFFPIPE adalah davit lifting analysis. Davit lifting adalah proses pengangkatan ujung pipeline oleh davit (cable) yang ditarik dari atas barge. Biasa digunakan 3-5 davit untuk proses tersebut sampai ujung pipeline berada di atas permukaan laut, dimana davit pertama letaknya hampir di ujung pipeline lalu selanjutnya berjarak beberapa meter dari davit yang satu ke davit yang lainnya. Ketika proses pengangkatan ini maka pipeline akan melengkung membentuk kurva dan tentu saja jika tidak diperhitungkan dengan sebaik-baiknya bukan tidak mungkin lengkungan tersebut akan menghasilkan stress yang melebihi batas dan pipeline bisa mengalami kegagalan (patah). OFFPIPE mampu melakukan analisa proses davit lifting ini dan memberikan output berupa stress yang terjadi pada semua daerah pipeline, terutama pada daerah lengkungan yang terbentuk ketika pipeline diangkat ke atas.

1

Gambar 1 Ilustrasi Proses Davit Lifting (OFFPIPE Manual)

Proses davit lifting biasanya dilakukan sebagai proses penyambungan pipeline, dimana sebenarnya bisa saja dilakukan penyambungan (pengelasan) di bawah laut tapi dengan biaya yang jelas lebih mahal. Davit lifting memberikan harga yang relative lebih murah dari pada proses pengelasan bawah laut. Proses penyambungan dengan mengangkat pipeline ke atas permukaan laut bisa dikenal dengan Above Water Tie In. Penyambungan ini bisa antara pipeline dengan pipeline atau juga antara pipeline dengan riser. Tahapannya cukup sederhana, pipeline diangkat ke atas permukaan laut, lalu disambung dan diturunkan lagi ke dalam laut.

Perhatikan foto di bawah ini (Gambar 2). Dalam foto tersebut posisi pipeline sudah ditarik berada di atas permukaan laut, ada 2 buah pipeline yang akan disambung menjadi satu bagian.

 2

Gambar 2 Pipeline Berada Di Atas Permukaan Laut

Foto selanjutnya (Gambar 3), di bawah ini terlihat jelas kedua bagian pipeline yang diangkat dari bawah laut. Terlihat ada kelebihan panjang (gap) dari kedua pipeline, agar bisa nyambung dengan sempurna maka harus dipotong sedikit bagian agar pas hehehe..

 3

 Gambar 3 Ada Gap Antara Pipeline

Pipa sudah tidak tampak lagi gapnya sehingga proses penyambungan bisa dilakuan, seperti yang terlihat pada Gambar 4 dan Gambar 5.

 4

 Gambar 4 Pipeline Siap Disambung

5

Gambar 5 Proses Pengelasan Pipeline

Sementara sampai disini dulu, semoga bermanfaat. Terima kasih kepada Mas Martinus Luckyanto (JPKenny) atas semua foto-fotonya.

8 thoughts on “Above Water Tie-In

  1. Saya seang membuat maklah tentang pengelasan dibawah air / laut
    informasi yg saya dapet disini sunguh sangat membantu
    trimakasih banyak atas jasa Penulis

  2. wow… ngangkatnya bisa langsung pakai davit lifting aja? gak ngeri bro kalo overstress? kalo dikombinasikan dengan bouyancy, boleh gak ya?
    mohon pencerahannya. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s