..sedikit berbagi ilmu..

ketika ilmu begitu bermanfaat

First Update 2011

Halloooo blogger pecinta dunia pipeline,

Wah, sudah sangat sangat sangat lama sekali saya ga pernah menyentuh blog tercinta saya ini.. apa saya sudah mulai melupakan blog ini atau karena saking sibuknya saya? Terkadang saya hanya mau menulis hal2 yang penting saja dan jadinya mungkin saya terjebak dalam perfeksionitas menulis.. padahal setelah dpikir2 lagi.. menulis tidak harus perfect kan? Toh saya juga bukan seorang sastrawan atau pun jurnalis.. Kadang juga saya hanya ingin menulis masalah kerjaan atau lebih spesisik ke pipeline, tapi… kapan mulai nulisnya kalau terlalau banyak mikir hehehe…

Yup, this is my first update in 2011. And I hope I can continue to put my finger on my keyboard for typing something for my blog.. Today is saturday, Feb 26, 2011.. I am laying on my bed and think what should I put on this post… Oia… saya sekarang lagi di Paris.. bukan Parangtritis lho yah hehe.. tapi Pari di Prancis.. kebetulan saya disini menjalani temporary assignment dari perusahaan saya di KL (SapuraAcergy) untuk bantu2 di parent company dsini Subsea7. Saya mulai dsini sejak January bulan lalu dan sejauh ini Paris masih dingin hahaha… Kalau kita penggemar sepakbola mungkin akan sangat familiar dengan istilahnya transfer window musim dingin, mungkin saya mengikuti juga proses itu hehe… ya bisa dbilang saya lagi dipinjamkan ke klub lain dan transfernya terjadi di musim dingin… biasalah nasib pemain cadangan hahaha :p

Anyway, di perusahaan Subsea7 ini (www.subsea7.com) saya diplot tetep sebagai offshore pipeline installation engineer, dan lagi2 saya berkutat dengan my luvly OFFPIPE. Saya attach di project EGP3B Pipeline Project yang dipunyai Chevron Nigeria.. wah saya seperi merasa bernostalgila kembali dengan Nigeria hehe… EGP sendiri singkatan dari Escravos Gas Project, 3B sendiri adalah phase nya… Pada awalnya saya sempet mikir EGP3B itu singkatan dari Emangnya Gue Pikirin bah bah bah.. hahaha… Seperti typical pipeline2 di Nigeria, EGP3B ini juga pipelinenya pendek2 dan berada di shallow water dengan wall thickness yang tipis tapi concrete coating yang tebel.. Kondisi seperti ini memperbesar probabilitas terjadinya buckling pada saat laying.. EGP3B project ini terdiri dari beberapa line, dan saya take care utk Line 050, dimana OD nya 28 inch dengan wall thickness sekitar 15mm tapi concreate coatingnya 98mm hahaha… bisa dbayangkan begitu tebalnya concrete coatingnya kan? Dan pastinya pipanya berat sekali.

Tapi alhamdulillah minggu ini saya sudah menyelesaikan static analysisnya (mulai dari initiation, laydown, abandonment/recovery dan normal lay) dan juga dynamic analysis (untuk mencari max allowable limiting sea state). Dan juga beberapa supporting analysis seperti trim sensitivity, current sensitivity, sequence normal lay, pipelie radius, dan lain2. Detail bagaimana semua analisanya akan saya coba jabarkan di postingan selanjutnya.

Selama satu bulan di sini (di kantor Paris) saya belajar banyak hal, mulai dari the way they did the analysis dan culture org2 dsini juga. Yang bisa saya ambil, setiap perusahaan ternyata mempunyai cara2 sendiri untuk melakukan pipelay analysis dan saya sangat bersyukur bisa belajar dan menemukan hal baru dsini. Yang jelas, perusahaan ini bener2 fantastis. Kita tau kan kalo outputnya OFFPIPE itu dalam bentuk notepad, yang kalau kita mau cek harus scroll down satu2 dan memelototin satu2 hehehe… tp dsini mereka memudahkan semuanya.. mrk develop spreadsheet sehingga memudahkan kita untuk membaca output OFFPIPE. Semua output yang kita inginkan bisa tersaji secara singkat dalam bentuk MsExcel, jadi kita ga perlu buka2 notepadnya lagi.. huffff.. bener2 membantu sekali mengingat case yang kita run buka hanya 1 case tapi ratusan cases. Coba bayangkan kalo harus buka satu2 notepadnya hahaha…

Dan juga, ketika report selesai dan mereka review…. Gilaaaaa… detail banget reviewnya, bahkan kurang huruf ‘s’ pun ketahuan hahaha… dan juga hanya ada 1 hutuf, 1 huruf saja dengan jenis font yang beda aja ketahuan… kalau 1 kata sih pasti kelihatan kan, tapi ini 1 huruf saja hehehe…. Jadi bener2 dbaca kata perkata sebelum report itu dkirim ke client.. ck ck ck ck emang bener kata orang2 kalo orang Prancis itu perfectionist banget hahaha…. However, I am glad to be here….

(Vlad@Paris)


February 26, 2011 - Posted by | News, oil and gas, Piping/Pipeline

No comments yet.

Leave a Reply

