..sedikit berbagi ilmu..

ketika ilmu begitu bermanfaat

Spectrum Wave vs Regular Wave di OFFPIPE

Kalau kita bicara tentang wave di OFFPIPE sudah pasti berhubungan dengan analisa dinamis, berhubungan dengan barge yang bergerak-gerak dan pastinya menyangkut  RAO. Kalau udah masalah RAO ini biasa jagonya anak kapal hehe… yuuuukkk….! Yang jelas saya bukan anak kapal jadi mungkin pengetahuan saya tentang RAO tidak sehebat anak2 kapal hehe…

Oke, ketika kita menentukan wave method yang akan kita gunakan dalam analisa dinamis di OFFPIPE maka kita bisa memilih regular wave atau pun spectrum wave (irregular). Sekilas mungkin tidak ada masalah, tapiiiiii…. ada kriteria yang harus dipenuhin yaitu apa jenis RAO kita sesuai dengan wave theory yang kita pakai di OFFPIPE?

Pada umumnya, RAO yang kita punya dikerjakan based on spectrum wave (pengalaman RAO yang selama ini saya punya) dan ada yang dalam rentang kedalaman laut tertentu. Pokoknya intinya RAO nya dikerjakan pakai spectrum wave deh. Sedangkan kalau di OFFPIPE ketika kita memasukkan RAO tersebut maka ada minimum waktu yang dibutuhkan untuk simulasinya yaitu selama 3 jam (10800 detik) menurut DNV. Sehingga terkadang untuk menyingkat waktu simulasi ini akhirnya kita beralih dengan menggunakan regular wave theory untuk analisa di OFFPIPE. Dengan memakai regular wave theory maka Continue reading

Advertisements

March 4, 2011 Posted by | Offshore, oil and gas, Piping/Pipeline | , , , , , , , | 13 Comments

Initiation Analysis

Yup… sesuai judulnya kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang initiation analysis untuk pipelaying.. Disini saya hanya menulis apa yang saya ketahui dan mohon maaf bila ada salahnya, mohon pentunjuk… maklum masih newbie gan… hehe ^_^

Intiation atau biasa yang disebut start-up adalah salah satu bagian dari static analysis yang harus dikerjakan dalam perhitngan pipeline installation. Initiation adalah tahap awal dalam instalasi pipeline, dimana joint pertama pipe mulai dikerjakan. Proses ini dimulai dari pengelasan initiation head ke pipe joint, lalu dilanjutkan dengan penyambungan joint per joint sampe initiation head berada di ujung (atau sedikit keluar) stinger, kemudian proses welding berhenti sejenak untuk dilakukan penyambungan initiation cable/wire dari DMA atau jacket leg (tergantung metode yang dipakai). Setelah proses tersebut selesai, proses welding dilanjutkan kembali, satu persatu joint mulai bertambah perlahan-lahan sampai initiation head berada di atas seabed. Proses initiation ini biasa diakhiri bila sudah ada 1-2 pipe joints di atas sebaed. Selanjutnya dilanjutkan dengan normal lay biasa.

Untuk pipe initiation biasanya (yang saya tau lho yah) ada 3 macam cara yang dipakai: Continue reading

March 3, 2011 Posted by | oil and gas, Piping/Pipeline | , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | 15 Comments